Studi ini bertujuan untuk menemukan dan mengevaluasi profil literasi digital siswa kelas X pada pembelajaran biologi di lembaga pendidikan menengah atas berbasis Islam, Sultan Agung 1, yang berlokasi di Semarang. Kuesioner literasi digital yang mencakup 24 item pernyataan berdasarkan  enam  indikator literasi digital digunakan untuk mengumpulkan data dari 334 siswa yang dipilih menggunakan pendekatan purposive sampling untuk penelitian deskriptif kuantitatif ini. Studi ini menghasilkan literasi digital siswa secara keseluruhan berada pada kategori tinggi dengan rerata 71,36%. Indikator tertinggi adalah "considers source/message effect" (79,45%) yang menunjukkan  kemampuan siswa dalam bersikap kritis terhadap informasi digital, sedangkan indikator terendah adalah "selects" (67,69%) yang berkaitan dengan kemampuan memilih sumber informasi yang relevan. Meskipun semua indikator berada pada kategori tinggi, terdapat variasi nilai yang mengindikasikan perlunya penguatan pada aspek pemilihan sumber informasi kredibel untuk pembelajaran biologi. Tingginya literasi digital ini mengindikasikan keberhasilan sekolah dalam mengadaptasi pendidikan pada musim teknologi 4.0, serta membuat modal penting untuk siswa untuk berpartisipasi aktif dalam ekosistem digital dan mendukung pembelajaran biologi yang lebih efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025