IPSSJ
Vol. 2 No. 03 Juni (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

KERJASAMA GURU KELAS DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER TOLERANSI DAN CINTA DAMAI PADA PESERTA DIDIK DI SDN GUNUNG TERANG TULANG BAWANG BARAT

Zainal Abidin (Unknown)
Mukhtar Hadi (Unknown)
Ahmad Zumaro (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter, khususnya nilai toleransi dan cinta damai, di tengah keberagaman agama dan budaya di lingkungan sekolah dasar. SDN Gunung Terang, Tulang Bawang Barat, menjadi lokasi yang relevan karena memiliki latar multikultural yang memerlukan pendekatan kolaboratif dalam pembentukan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk dan proses kerjasama antara guru kelas dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai toleransi dan cinta damai kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru kelas dan guru PAI yang terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama antara guru kelas dan guru PAI berjalan secara sinergis melalui komunikasi intensif, perencanaan pembelajaran kolaboratif, serta pelaksanaan kegiatan keagamaan dan sosial yang inklusif. Bentuk kerjasama tersebut mencakup diskusi rutin, penyelarasan materi, kegiatan pembiasaan, serta keteladanan guru. Dukungan dari kebijakan sekolah dan pelatihan guru juga turut memperkuat upaya penanaman karakter. Kesimpulannya, kolaborasi aktif dan berkelanjutan antar guru sangat berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi tumbuhnya nilai-nilai toleransi dan cinta damai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...