IPSSJ
Vol. 2 No. 03 Juni (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PERBANDINGAN SISTEM DAN EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN SEBELUM DAN SESUDAH OTONOMI DAERAH

Hayida-o, Saadah (Unknown)
Siradjuddin (Unknown)
Moh. Wayong (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pembiayaan pendidikan di Indonesia merupakan aspek kunci untuk memastikan akses dan kualitas Pemerataan akses terhadap pendidikan menjadi fokus utama. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan mekanisme pendanaan pendidikan antara masa sebelum dan sesudah diterapkannya desentralisasi kewenangan daerah, serta mengevaluasi tingkat keberhasilannya. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kajian pustaka, dengan menghimpun serta menelaah berbagai referensi tertulis. Temuan studi ini mengindikasikan bahwa pemberlakuan otonomi daerah memberikan ruang yang lebih luas bagi pemerintah setempat dalam mengatur pembiayaan sektor pendidikan, sehingga memunculkan berbagai inovasi dan tanggapan yang lebih sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. Namun, tantangan seperti ketimpangan antara daerah maju dan tertinggal serta akuntabilitas pengelolaan dana masih perlu diatasi. Kesimpulannya, meskipun otonomi daerah membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan, diperlukan upaya berkelanjutan untuk memperkuat kapasitas daerah dan memastikan pemerataan akses pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...