Pengorganisasian pada kurikulum merupakan sebuah bentuk penyususnan bahan ajar yang akan diberikan kepada peserta didik. Pengorganisasian ini juga merupakan sebuah cara untuk mempermudah ketercapaian dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tulisan ini bertujuan untuk mengulas berbagai jenis pengorganisasian kurikulum yang dikembangkan oleh para ahli pendidikan serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengorganisasian pada kurikulum. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka. Hasil telaah menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis pengorganisasian kurikulum, seperti kurikulum mata pelajaran, kurikulum terhubung, kurikulum luas, kurikulum terpadu dan kurikulum inti. Pemilihan jenis pengorganisasian kurikulum yang tepat harus mempertimbangkan berbagai macam faktor, diantaranya tujuan pendidikan, karakteristik peserta didik, kondisi sekolah serta konteks sosial dan budaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025