Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Berbagai Jenis Pengorganisasian Kurikulum

Laksana, Indra (Unknown)
Ariga, Iswanto (Unknown)
Retno, Suci Ananda (Unknown)
Hariani, Hariani (Unknown)
Panggabean, Hadi Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Pengorganisasian pada kurikulum merupakan sebuah bentuk penyususnan bahan ajar yang akan diberikan kepada peserta didik. Pengorganisasian ini juga merupakan sebuah cara untuk mempermudah ketercapaian dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tulisan ini bertujuan untuk mengulas berbagai jenis pengorganisasian kurikulum yang dikembangkan oleh para ahli pendidikan serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengorganisasian pada kurikulum. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka. Hasil telaah menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis pengorganisasian kurikulum, seperti kurikulum mata pelajaran, kurikulum terhubung, kurikulum luas, kurikulum terpadu dan kurikulum inti. Pemilihan jenis pengorganisasian kurikulum yang tepat harus mempertimbangkan berbagai macam faktor, diantaranya tujuan pendidikan, karakteristik peserta didik, kondisi sekolah serta konteks sosial dan budaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...