Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku guru dan buku siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Pengolahan Data untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Pengembangan dilakukan untuk menyediakan bahan ajar yang kontekstual, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik berpikir siswa usia sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research phase, development and prototyping phase, dan assessment phase. Instrument pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon. Pengujian dilakukan dengan validasi ahli dan uji praktikalitas. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif deskripstif. Pengolahan hasil validasi menggunakan indeks Aiken’v. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku guru dan buku siswa termasuk dalam kategori “sangat valid”. Selanjutnya, uji praktikalitas yang melibatkan guru dan siswa juga menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Buku ini dirancang untuk mendukung pembelajaran bermakna melalui aktivitas pengumpulan dan pengolahan data berbasis konteks nyata siswa, sejalan dengan prinsip-prinsip RME. Dengan demikian, pengembangan buku guru dan buku siswa berbasis RME ini diharapkan dapat menjadi alternatif bahan ajar yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, khususnya pada topik pengolahan data.
Copyrights © 2025