JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN
Vol. 16 No. 1 (2025): JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN

Evaluasi Program Field Study Mahasiswa Magister MPI di Kementerian Agama Melalui Pendekatan Responsive Evaluation

hasan, Muhammad Apip Hasan (Unknown)
Riskiyah, Eka Maftuhatil (Unknown)
Suwadi, Suwadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program field study mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Kementerian Agama dengan menggunakan pendekatan Responsive Evaluation dari Robert E. Stake. Pendekatan ini menekankan pada respons dan pengalaman para pemangku kepentingan dalam proses pelaksanaan program. Melalui tiga fase evaluative antecedents, transactions, dan outcomes penelitian ini mengkaji kesiapan, pelaksanaan, dan hasil program secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun program ini memberikan pengalaman nyata terkait birokrasi pendidikan, terdapat ketidaksesuaian antara pedoman pelaksanaan yang bersifat umum dengan kebutuhan spesifik prodi MPI. Selain itu, keterlibatan mahasiswa di lapangan cenderung bersifat administratif dan belum sepenuhnya mendukung capaian pembelajaran manajerial. Peran dosen pembimbing terbukti signifikan dalam mendorong refleksi kritis mahasiswa, namun belum terintegrasi secara sistematis dalam penilaian program. Penelitian ini merekomendasikan penyusunan pedoman khusus per prodi, penugasan berbasis proyek strategis, serta penguatan mekanisme refleksi dan evaluasi kolaboratif. Dengan demikian, field study dapat menjadi instrumen pembelajaran kontekstual yang efektif dan transformatif bagi pengembangan kompetensi manajemen pendidikan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JEP is the acronym of Jurnal Evaluasi Pendidikan. JEP is a national and international journal published two times in a year (March and October). It specializes in Instrument Development, Evaluation of Educational Programs, Assessment and Measurement in education. This journal is intended to ...