Jurnal English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris
Vol 12 No 1 (2019): English Education : Jurnal Tadris Bahasa Inggris

The Influence Of Using Peer Feedback Technique Toward Students’ Writing Skill In Procedure Text At The Ninth Grade Of SMPN 1 Ciruas

Syafrizal, Syafrizal (Unknown)
Pradana, Satria Adi (Unknown)
Nurmala, Nurmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Umpan Balik Peer terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks prosedur. Peneliti menggunakan desain eksperimen sejati dengan sampel acak. Data diperoleh dari pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMPN 1 Ciruas dan sampel penelitian ini diambil dari dua kelas yang terdiri dari 34 siswa untuk setiap kelas. Kedua kelas tersebut dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menganalisis validitas dan reliabilitas tes, peneliti menggunakan validitas konten dan reliabilitas antar penilai. Berdasarkan uji analisis menunjukkan bahwa hasilnya valid dan reliabel. Untuk mengetahui pengaruh menggunakan teknik Peer Feedback, data dari pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan independent t-test. Berdasarkan hasil, ditemukan bahwa atau ≥ 2,00 artinya hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik Umpan Balik Teman terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks prosedur pada kelas sembilan SMPN 1 Ciruas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Umpan Balik Peer terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks prosedur. Peneliti menggunakan desain eksperimen sejati dengan sampel acak. Data diperoleh dari pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMPN 1 Ciruas dan sampel penelitian ini diambil dari dua kelas yang terdiri dari 34 siswa untuk setiap kelas. Kedua kelas tersebut dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menganalisis validitas dan reliabilitas tes, peneliti menggunakan validitas konten dan reliabilitas antar penilai. Berdasarkan uji analisis menunjukkan bahwa hasilnya valid dan reliabel. Untuk mengetahui pengaruh menggunakan teknik Peer Feedback, data dari pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan independent t-test. Berdasarkan hasil, ditemukan bahwa atau ≥ 2,00 artinya hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik Umpan Balik Teman terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks prosedur pada kelas sembilan SMPN 1 Ciruas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ENGEDU

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris has been published since March 2010 in printed version (pISSN: 2086-6003), June and December 2018 in online version (eISSN: 2580-1449). It is a biannual journal concerning English Language Teaching, English Literature, English Linguistics, Current ...