JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL BIRUNI
Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni

Brain Based Teaching Pada Mata Pelajaran IPA

Sesmiarni, Zulfani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2014

Abstract

Proses pembelajaran melibatkan dan mengarahkan aktivitas peserta didik untuk mencapai berbagai tujuan yang telah direncanakan secara sistematik. Selain itu pembelajaran juga merupakan usaha untuk mengelola lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif dalam kondisi tertentu. Pembelajaran tidak terlepas dari usaha pendidik untuk memfasilitasi peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam proses pembelajaran, unsur yang perlu diperhatikan terutama pada aspek perbedaan karakteristik individu. Salah satu paradigma pembelajaran yang memfasilitasi keberagaman kemampuan siswa adalah dengan brain based teaching. Pembelajaran ini melibatkan seluruh aspek pembelajaran, yang dimulai dengan pembelajaran emosional, kognitif, fisik, social dan refleksi. Diharapkan dengan melibatkan semua potensi yang ada dalam otak siswa, maka pembelajaran akan dapat menjadi bermakna.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

AL-BIRUNI

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of research in the field of theoretical physics, applied physics, and physics learning ...