JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL BIRUNI
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of research in the field of theoretical physics, applied physics, and physics learning include: development of instruments of evaluation physics, development of instructional media physics, the development of learning model of physics, and Quasi-Experiment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni published comprehensive research articles and reviews by leading experts in the field. Selected articles, which has a high scientific achievement, provide important new knowledge, and high benefits to society of physics and physics education. The Journal was first published in 2012 and regularly published twice per year in April and October. Since 2014 this journal began in the online.
Articles
274 Documents
Suatu Pendekatan Pembelajaran; Quantum Teaching
Yuberti, Yuberti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i1.61
Bagi seorang mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, sangatdisadari bahwa produknya kelak adalah akan menjadi seorang guru yangdiharapkan profesional. Pengertian Profesional disini merupakan suatuhasil, hasil diperoleh dari suatu proses. Jika proses perkuliahan,pemahaman tentang makna dari suatu istilah belum dimengerti denganbaik, bagaimana dengan produknya kelak? Oleh sebab itu, dalam tulisan ini akan dibahas istilah-istilah dalam pembelajaran, khususnya konsep pendekatan pembelajaran. Penulis berharap dari apa yang dipaparkan akan memberikan pemahaman terhadap pendekatan dalam pembelajaran, khususnya pendekatan quantum learning atau quantum teaching yang bersumber dari konsep kefisikaan. Quantum adalah sebuah temuan yang telah menyelamatkan manusiadari bencana ultraviolet. Quantum Training telah menyelamatkan manusia dari bencana “ultrasekolah” dan “ultra belajar” Quantum pertama kali ditemukan oleh Max Planck pada akhir abad ke-19. Ia menemukan sebuah rumus fisika yang sahih yang dapat menanggulangi bencana ultraviolet. Sejak saat itu istilah Quantum digunakan pada banyak aspek kehidupan yang antara lain digunakan pada bidang pendidikan dan pembelajaran.Diabad ke-20 ini orang : dipaksa” belajar diruang kelas yang disusunsecara kaku dan terdiri dari meja dan kursi. Nilai dan ijasah/sertifikatmenjadi ukuran keberhasilan yang pada akhirnya pembelajaran merasabahwa belajar dan sekolah merupakan beban, seiring denganperkembangan dunia pendidikan, ditemukan sebuah pendekatanpengajaran yang disebut Quantum Teaching.
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDUKUNG
Gunawan, Indra
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i1.62
Abstract: The objective of this research is to create a supporting instructional media in the form of mobile learning of main material for Senior Secondary School students. The created mobile learning was played on mobile phone that supports flash player, mainly Symbian S60 3rd based mobile phone. The method applied in this research was research and development. The first step was limited to the material of heat transfer. The trial of an application was conducted to 2 specialized lecturers, 2 media experts, 2 Physics teachers of Senior Secondary School, and 44 students of Al- Azhar Senior Secondary School, Bandar Lampung. Indicators used to assess the created instructional media were the appropriateness of the content to the purpose, appropriateness of instruction to the technical quality. Marks of the three indicators were above 80% so that the created mobile learning was categorized as very good. Based on the findings, it may be concludedthat the instructional media in the form of mobile learning can be used as a supporting instructional media for Senior Secondary School students to learn Physics subject. Keywords: instructional media, mobile learning, heat transfer, physic subject, and Senior Secondary School.
Implementasi Pembelajaran Bervisi SETS di Sekolah
Latifah, Sri
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i1.63
Pembelajaran tentang alam harus dapat disajikan sebagai suatu proses penemuan dan terkait dengan pengalaman peserta didik, sehingga pengetahuan yang diperoleh bersifat lama, dapat diingat, dan mampu meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan untuk berfikir bebas. Peran pendidik sebagai narasumber yang bijak dan berpengetahuan serta berfungsi sebagai sutradara yang mengendalikan proses pembelajaran dan siap membantu siswa apabila ada kemacetan proses pembelajaran atau melantur tanpa arah. Wawasan SETS (Science, Environment, Technology, Society) yang diaplikasikan ke dalam proses pembelajaran Fisika diharapkan dapat membawa sistem pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan pengetahuan yang diperolehnya guna meningkatkan kualitas hidup manusia tanpa harus membahayakan lingkungannya.
MULTI REPRESENTASI SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DALAM FISIKA
Irwandani, Irwandani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i1.64
Multi representasi adalah model yang mempresentasi ulang konsep yang sama dalam beberapa format yang berbeda-beda. Beberapa bentuk representasi dalam fisika bisa berupa kata, gambar, diagram, grafik, simulasi komputer, persamaan matematika dan sebagainya. Multi representasi dapat membantu pembelajar dalam mempelajari dan membangun suatu konsep dan mengatasi permasalahan, membantu dalam memecahkan masalah, serta membantu untuk menyikapi masalah. Berbagai studi mengenai multi representasi menunjukkan bahwa ternyata multi representasi sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran. Bahkan, ada ada usulan agar multi representasi dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran fisika lanjutan.
Perhitungan Kecepatan Perambatan Gelombang Daerah Bantul dengan Menggunakan Metode ABC Seismik Refraksi
Sari, Dian Novita
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i1.65
Telah dilakukan penelitian di daerah Bantul dan sekitarnya dengan menggunakan metode Seismik Refraksi. Tujuan dari penelitian seismik refraksi ini yaitu untuk mengetahui besarnya kecepatan perambatan gelombang lapisan batuan di bawah permukaan pada daerah penelitian. Metode refraksi pada dasarnya memanfaatkan fenomena atau gejala penjalaran gelombang yang terbiaskan pada bidang batas.Kecepatan gelombang seismik pada lapisan pertama dari hasil pengolahan metode ABC dengan range 399 m/s – 1200 m/s yang di indikasikan sebagai lapisan aluvial (soil). Pada lapisan kedua, di peroleh kecepatan gelombang refraksi pada bidang refraktor dengan renge 547 m/s – 2881 m/s yang diindikasikan sebagai batu pasir tuffan.
Tinjauan Struktur Penelitian, Penulisan Ilmiah dan Teknik Penulisan Ilmiah
Wati, Widya
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i1.66
Banyak bentuk dan cara penulisan yang dapat ditemukan dalam berbagaipedoman penulisan. Bentuk luarnya bisa berbeda namun jiwa dan enalarannya sama. Dengan demikian yang paling penting bukan saja mengetahui teknik-teknik pelaksanaannya melainkan memahami dasar pikiran yang melandasinya. Pemilihan bentuk dan cara penulisan dari khasanah yang tersedia merupakan masalah selera dan preferensi perorangan dengan memperhatikan berbagai factor lainnya seperti masalah apa yang sedang dikaji, siapa pembaca tulisan ini dan dalam rangka kegiatan keilmuan apa karya ilmiah ini disampaikan.Berdasarkn pemikiran tersebut maka akan coba dibahas alur-alur jalanpikiran yang terdapat dalam penelitian ilmiah yang dikaitkan dengan penulisan ilmiah. Dalam makalah ini juga akan coba dibahas mengenai tema pokok sebuah proses penelitian. Tema pokok ini akan dijabarkan secara logis dan kronologis dari metode keilmuan.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran
Gunawan, Zeni
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i1.67
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah sesuatu teknologi baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengelola data/informasi dan komunikasi. Dalam prakteknya teknologi diwakili oleh komputer (perangkat keras) dan program-program aplikasi (perangkat lunak). Data/informasi yang dikelola dan dihasilkan dalam bentuk berbagai media, seperti teks, grafik, gambar diam, foto, film, animasi, dan simulasi. Cara-cara berkomunikasinya memungkinkan untuk dilakukan secara maya.
Brain Based Teaching Pada Mata Pelajaran IPA
Sesmiarni, Zulfani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i1.68
Proses pembelajaran melibatkan dan mengarahkan aktivitas peserta didik untuk mencapai berbagai tujuan yang telah direncanakan secara sistematik. Selain itu pembelajaran juga merupakan usaha untuk mengelola lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif dalam kondisi tertentu. Pembelajaran tidak terlepas dari usaha pendidik untuk memfasilitasi peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam proses pembelajaran, unsur yang perlu diperhatikan terutama pada aspek perbedaan karakteristik individu. Salah satu paradigma pembelajaran yang memfasilitasi keberagaman kemampuan siswa adalah dengan brain based teaching. Pembelajaran ini melibatkan seluruh aspek pembelajaran, yang dimulai dengan pembelajaran emosional, kognitif, fisik, social dan refleksi. Diharapkan dengan melibatkan semua potensi yang ada dalam otak siswa, maka pembelajaran akan dapat menjadi bermakna.
"Penelitian Dan Pengembangan" Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya
Yuberti, Yuberti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i2.69
Ditengah keragaman persoalan dan perdebatan terhadap ragam metodologi penelitian yang ada, muncul apa yang disebut dengan "Penelitian dan Pengembangan" yang seakan-akan barang baru, tetapi sesungguhnya stok lama. Dikatakan stok lama, karena "Penelitian dan Pengembangan" sudah lama digunakan di sektor industri yang menghasilkan produk, baik itu produk manufaktur, maupun produk olahan atau makanan. Hanya saja untuk penelitian dibidang pembelajaran, baru mulai dilirik belakangan ini.
PEDAGOGI DAN TEKNOLOGI DALAM E-LEARNING Studi Kasus: Pengembangan E-Learning di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung
Gunawan, Indra
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i2.70
Aspek pedagogi sangat berpengaruh terhadap pengembangan materi (content development) dan pembelajaran (learning) dengan memperhatikan teknik dan behavior interaksi antara dosen (lecturer) dan mahasiswa (students). Di sisi lain aspek teknologi berpengaruh terhadap pengembangan materi yang dinamis dan rich multimedia, serta menyediakan fiturfitur (features) komponen sistem e-learning. Mengintegrasikan kedua aspek tersebut dapat meningkatkan kualitas pengembangan materi yang didukung oleh system e-learning agar proses belajar-mengajar menjadi optimal. Subjective Analysis atas pengintegrasian kedua aspek tersebut dalam sistem e-learning yang digunakan-SCELE, menunjukkan bahwa lingkungan pembelajaran online dapat menghadirkan suasana sebagaimana pembelajaran konvensional.