Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 9 No 1 (2022): TERAMPIL

Pengaruh Authentic Learning Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah IPA

Mahrus, Mahrus (Unknown)
Anggraeni, Mira Natika (Unknown)
Silmi, Idam Matus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan aunthentic learning berbasis lingkungan pada keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah sains. Penelitian ini menggunakan Desain Kelompok Kontrol Pretest-Posttest. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 48 siswa yang kemudian dibagi kedalam 2 kelompok eksperimen dan kontrol, dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Kelompok eksperimen terdiri dari 24 siswa yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran aunthentic berbasis lingkungan sedangkan kelompok kontrol terdiri dari 24 siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah guestionnaires dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, di mana nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa metode aunthentic learning berbasis lingkungan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah sains siswa kelas V di MI Manbaul Huda Purwodadi Temanggung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...