Adapun permasalahan yang ditemukan besifat positif yakni peneliti ingin mengetahui lebih komprehensif tentang gaya kepemimpinan dan kompetensi yang dimiliki kepala madrasah dalam menjalankan tugas sehari-hari. sehingga peneliti bertujuan menganalisis tentang kepemimpinan dan kompetensi kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandar Lampung. data diatas ditemukan melalui metode riset lapangan varietas kualitatif. Investigasi proses penalaran deduktif serta induktif, dan analisis dinamis dari ikatan antara peristiwa yang bisa diamati, lebih ditekankan dalam riset kualitatif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kepemimpinan dan kompetensi kepala madrasah di MAN Kota Bandar Lampung telah diimplementasikan dengan baik, gaya kepemimpinan kepala madrasah diimplementasikan dalam beberapa kebijakan seperti melaksanakan rapat rutin madrasah sebagai ajang komunikasi, diskusi dan konsolidasi, memberi ruang dan kesempatan kepada para guru untuk memberikan kritik dan saran yang konstruktif, memberi kebebasan kepada para guru untuk menyampaikan ide/gagasan nya untuk kemajuan madrasah, bertanggung jawab bersama atas persoalan-persoalan yang dihadapi warga madrasah, memberi tugas kepada guru sesuai kemampuan, menetapkan visi, misi dan tujuan madrasah, mendorong para guru untuk melanjutkan studi, memberikan penghargaan kepada para guru yang berprestasi, berupaya keras untuk meningkatkan prestasi madrasah khususnya bidang akademik dan ekstakurikuler). kompetensi kepala madrasah. Kompetensi Manajerial diwujudkan dalam bentuk membuat perencanaan berupa Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM), melakukan pembagian tugas mengajar dan bimbingan guru sesuai kualifikasi akademik masing-masing, memimpin proses pendidikan dan pembelajaran, melaksanakan evaluasi belajar secara berjenjang seperti UTS dan UAS untuk peserta didik, UKG dan PKG untuk guru.
Copyrights © 2023