Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika pada materi bangun datar siswa kelas IV UPTD SD N 122358 Siantar Martoba Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV A berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah desain true ekesperimental yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design metode true eksperimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal uraian berisi 5 soal yang valid dan reliabel. Hasil penelitian uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov Test Dengan berbantuan aplikasi SPSS dan uji homogenitas dengan menggunakan uji lavene serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,196 dan ttabel sebesar 2,408 dengan taraf signifikan 0,05. Maka hal ini dinyatakan bahwa hasil penenlitian menunjjukan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas IV. Oleh katena itu, model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika pada materi bangun datar siswa kelas IV UPTD SD N 122358 Siantar Martoba Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024