Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 7 No. 2 (2024):, Juli 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPT SD NEGERI 067246 TANJUNG SELAMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Sinaga, Nirolita F. (Unknown)
Simarmata, Ester Julinda (Unknown)
Ambarwati, Nova Florentina (Unknown)
Sinaga, Refila (Unknown)
Lumban Gaol, Rumiris (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And  Composition terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 067246 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini kelas V yang ada di SD Negeri 066650 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 61 siswa . Medan Kota yang terdiri 1 kelas dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sampel sebanyak 31 siswa. Untuk mmengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 64,25 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And  Composition menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalamai peningkatan dengan nilai rata-rata 80,5 kategori baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...