Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 7 No. 2 (2024):, Juli 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 155703 SIGOLANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Manalu, Madianti (Unknown)
Sipayung, Regina Fredrika (Unknown)
Pinem, Irmina (Unknown)
Juliana, Juliana (Unknown)
Ambarwati, Nova Florentina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 155703 Sigolang Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa SD Negeri 155703 Sigolang yang terdiri 6 kelas dengan jumlah 164 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel non probability yaitu sampling jenuh dengan sampel sebanyak 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 59,46 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80 kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...