Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis Contextual Learning pada materi My Class Schedule untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII di SMP Negeri 1 Lengkong. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang kontekstual dan interaktif untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model Borg and Gall yang dipadukan dengan model ADDIE melalui tujuh tahapan, yaitu: (1) Analysis, (2) Design and Planning, (3) Development, (4) Preliminary Testing and Revision, (5) Implementation, (6) Evaluation and Final Revision, dan (7) Dissemination and Implementation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket validasi ahli, angket respon pengguna (guru dan peserta didik), serta tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli media (85%), ahli desain (95%), dan ahli materi (93%) menunjukkan bahwa E-Modul tergolong sangat layak. Respon guru (93%) dan peserta didik (92%) juga menunjukkan penerimaan yang sangat baik. Uji efektivitas dengan rumus N-Gain menunjukkan hasil 0,90 atau 90%, yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian, E-Modul berbasis Contextual Learning terbukti layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris materi My Class Schedule. Penelitian ini menyarankan agar pengembangan E-Modul serupa diterapkan pada materi dan jenjang lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara menyeluruh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025