Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran interaktif artificial intelegence terhadap hasil belajar kelas X di SMAN 1 Pringgarata. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal-soal pilihan ganda. Sebelum instrumen tes diberikan, terlebih dulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitasdan reliabilitas. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pringgata. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan media pembelajaran interaktif artificial intelegence , sedangkan kelas kontrol dengan metode konvesional. Hasil analisis menunjukan skor rata-rata posttest hasil belajar ekonomi peserta didik yang diajarkan dengan media pembelajaran interaktif artificial intelegence adalah 76,38 dan peserta didik yang diajarkan dengan metode konvesional nilai rata-ratanya adalah 73,27. Hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t dengan bantuan IBM SPSS Statistic 27 menunjukkan nilai atau nilai , Maka Ha di terima dan ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh pemanfaatan media pembelajaran iteraktif Artificial Intelegence dalam meningkatkan hasil belajar Ekonomi Kelas X di SMAN 1 Pringgarata.
Copyrights © 2024