Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 9 No. 1 (2024)

Implementasi Nilai Karakter melalui Pembelajaran Proyek untuk Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka

Siwi Widiastuti (Unknown)
Harun Harun (Unknown)
Nur Cholimah (Unknown)
Fitriana Tjiptasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian bertujuan mengidentifikasi implementasi nilai karakter melalui pembelajaran proyek anak usia dini pada Kurikulum Merdeka dan nilai karakter apa saja yang muncul dalam pembelajaran proyek. Pendekatan penelitan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari kepala sekolah, guru, dan anak di sebuah satuan pendidikan anak usia dini. Jenis data penelitian adalah refleksi guru, verbal, dan dokumentasi kegiatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan implementasi nilai karakter melalui pembelajaran proyek pada Kurikulum Merdeka menggunakan tahap permulaan, pengembangan, dan penyimpulan. Nilai karakter yang diimplementasikan pada pembelajaran proyek berbasis kelas mengacu pada tiga elemen capaian pembelajaran yaitu budi pekerti, jati diri, serta dasar-dasar literasi dan STEAM. Sedangkan pembelajaran proyek berbasis sekolah mengacu pada enam dimensi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Respon positif ditunjukkan oleh anak ketika mengikuti pembelajaran dengan metode proyek dan perilaku tanggung jawab, komunikatif dan kerja sama mengalami peningkatan yang cukup baik dan lebih sering muncul dalam keseharian anak. Dengan demikian, implementasi pembelajaran proyek pada Kurikulum dapat menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan karakter anak sesuai dengan tujuan pendidikan karakter yang diharapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpnk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal published by Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Agency for Research and Development, Ministry of Education and Culture of Republic of Indonesia), publish twice a year in June and December. This journal ...