Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Perencanaan Stratejik Sistem Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Paket C di PKBM Bina Bangsa Purwakarta

Hidayah, Deni (Unknown)
Rosmuliawati, Ade Siti (Unknown)
Munandar, A. Hafid (Unknown)
Herlina, Nina (Unknown)
Handayani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program pemberdayaan berbasis komputer aplikasi perkantoran dapat meningkatkan kualitas belajar siswa Paket C di PKBM Bina Bangsa Purwakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan akan peningkatan keterampilan praktis dan relevansi pembelajaran bagi peserta didik kesetaraan yang mayoritas merupakan remaja putus sekolah dan pekerja muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pelatihan komputer aplikasi perkantoran, seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint, berhasil meningkatkan motivasi belajar, keaktifan peserta dalam proses pembelajaran, serta pemahaman materi pelajaran yang terintegrasi dengan praktik komputer. Selain itu, program ini juga meningkatkan kepercayaan diri siswa dan memberikan bekal keterampilan yang relevan untuk kebutuhan dunia kerja. Kesimpulannya, program pemberdayaan berbasis komputer aplikasi perkantoran terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas belajar siswa Paket C, serta memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan diri dan kemandirian peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...