Nalar: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 3 No. 2 (2024): Oktober, NALAR: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

PERSPEKTIF GURU MENGENAI PROGRAM LITERASI MEDIA DI SDN CIKUPA 3

Julianto, Indra Rasyid (Unknown)
Solehah, Yunita Amelia (Unknown)
Sunarya, Nayla Octavia (Unknown)
Istiqomah, Chilyatul (Unknown)
Dewi, Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya literasi media dalam mendukung proses pembelajaran antara guru dan siswa di jenjang sekolah dasar. Guru memiliki akses terhadap berbagai jenis media pembelajaran yang beragam, sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan mendorong semangat serta pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dalam hal ini, peran guru sebagai pendidik sangat vital dalam mengimplementasikan gerakan literasi media di sekolah. Guru tidak hanya bertugas menyampaikan materi, tetapi juga bertanggung jawab dalam membentuk karakter dan perilaku positif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Melalui penerapan literasi media dalam kegiatan pembelajaran, siswa memperoleh kemudahan dalam memahami materi, menjadi lebih antusias dalam belajar, serta terasah kemampuan berpikir kritis dan kreativitasnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Seputar isu terkait kajian pendidikan dan kebudayaan yang meliputi bidang ilmu-ilmu pendidikan, budaya, kearifan lokal, masyarakat adat, tradisi, ritual, mitos, dan hasil kebudayaan ...