ABSTRAKPerguruan tinggi menerapkan pembelajaran daring bagi mahasiswa, hal ini dilakukan untuk mengurangi mobilisasi dan menekan laju kasus baru covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring yang diselenggarakan pada Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 Konsentrasi Tata Boga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek pada penelitian ini dikerucutkan dengan menggunakan teknik randomized sampling method. Terdapat 7 responden yang terdiri dari 2 dosen pengasuh Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran dan 5 mahasiswa Konsentrasi Tata Boga yang memprogramkan Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Data yang didapatkan, dianalisis dengan mereduksi data atau kategorisasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, didapatkan hasil penelitian yaitu proses pembelajaran daring pada Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran yang dilaksanakan secara daring sudah berjalan dengan baik apabila dilihat melalui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar mahasiswanya. Sedangkan kendala ketika pelaksanaan pembelajaran daring pada Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran yang dirasakan oleh pendidik maupun mahasiswa yaitu gangguan yang terjadi pada koneksi jaringan internet dalam kondisi-kondisi tertentu seperti pemadaman listrik, cuaca buruk, dan lokasi tertentu yang sulit menjangkau jaringan internet. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Konsentrasi Tata Boga Tahun Akademik 2021/2022 sudah berjalan dengan efektif.Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran daring
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025