JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika

Badriyah, Fitriyatul (Unknown)
Fuat, Fuat (Unknown)
Afifah, Ani (Unknown)
Kholifah, Ilmiatul (Unknown)
Toyiba, Nisa’ut (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering dianggap membosankan sehingga membuat siswa pasif. Padahal, matematika penting untuk membentuk kemampuan berpikir logis, sistematis, dan kritis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dan pengaruhnya terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Model TGT menggabungkan kerja sama kelompok, permainan, dan kompetisi sehat, sesuai dengan karakteristik siswa SD. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 20 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara guru, dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa, ditunjukkan oleh tingginya partisipasi dalam diskusi (90%), menjawab pertanyaan (80%), dan menyelesaikan tugas (85%). Respon siswa terhadap model ini sangat positif, dengan 95% merasa senang dan termotivasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa model TGT efektif meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa serta layak dipertimbangkan sebagai strategi pembelajaran alternatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...