JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Kurikulum Masa Depan di Era Digital: Tantangan dan Strategi Implementasi di Sekolah Dasar Islam

Firdaus, Addurun Nafis (Unknown)
Amelia, Dwi Putri (Unknown)
Masnuriyah, Fatihatul Ghina (Unknown)
Zulfikram, Riki (Unknown)
Fatayan, Arum (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pada jenjang Sekolah Dasar Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan serta merumuskan strategi implementasi kurikulum masa depan yang adaptif dan berbasis nilai keislaman. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi integrasi kurikulum nasional dan Islami, keterbatasan kompetensi guru dalam teknologi, serta kesenjangan akses digital. Strategi yang diterapkan mencakup pelatihan guru, pendekatan pembelajaran inovatif, pemanfaatan teknologi pendidikan, evaluasi partisipatif, dan kolaborasi dengan orang tua. Kesimpulannya, implementasi kurikulum masa depan memerlukan pendekatan yang kolaboratif dan kontekstual untuk membentuk generasi yang cerdas, berakhlak, dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...