JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peran Teman Sebaya bagi Anak Down Syndrome di Lingkungan Sosial

Fadila, Sisca Nurul (Unknown)
Adinda, Fina Kamelia (Unknown)
Putri, Sepiana Permana (Unknown)
Fadiahusna, Salma (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teman sebaya bagi anak down syndrome di lingkungan sosialnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur kepada orangtua anak down syndrome. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teman sebaya memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional anak down syndrome. Teman sebaya membantu anak down syndrome merasa diterima, meningkatkan rasa percaya diri, dan melatih keterampilan komunikasi serta interaksi sosial mereka. Selain itu, dukungan teman sebaya dapat mengurangi stigma serta membantu anak down syndrome beradaptasi lebih baik di lingkungan inklusi. Penelitian ini menegaskan pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan suportif melalui keterlibatan aktif teman sebaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...