JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektivitas Layanan Peer Counseling Online untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Dewasa Awal

Berlianti, Salwa (Unknown)
Nurmala, Meilla Dwi (Unknown)
Wibowo, Bangun Yoga (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji sejauh mana efektivitas layanan peer counseling online untuk meningkatkan kemampuan problem solving dewasa awal di Komunitas Online Kesehatan Mental dan Self-Development Oh Be Shine. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan diperoleh 14 klien yang memiliki kemampuan problem solving rendah. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest yang diperoleh kelompok kontrol 86,14 dan posttest 88,85. Sedangkan, kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest 76,85 dan posttest 127,71. Kemampuan problem solving kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan setelah mendapat treatment layanan peer counseling online. Melalui analisis hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Independent Samples t-Test dengan asumsi varians tidak homogen (equal variances not assumed), diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000. Karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa layanan peer counseling online yang diberikan kepada kelompok eksperimen efektif untuk meningkatkan kemampuan problem solving klien di Komunitas Online Kesehatan Mental dan Self-Development Oh Be Shine.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...