JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Improving Students’ Ability in Writing Recount Text Through the Use of Mystery Envelope in Grade Eight

Parhusip, Sri Rebeka Juli Anastia (Unknown)
Hasibuan, Derliana (Unknown)
Manik, Monika (Unknown)
Napitupulu, Samsul (Unknown)
Syahlan, Syahlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount menggunakan media Amplop Misteri. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas delapan kelas VIII-2 di UPTD SMPN 6 Kisaran. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus selama empat pertemuan. Awalnya, siswa menghadapi kesulitan dalam menghasilkan ide dan mengaturnya secara koheren. Setelah menerapkan strategi Amplop Misteri, kemampuan menulis mereka meningkat. Siswa menerima tugas berbasis amplop yang dirancang untuk membimbing mereka dalam menyusun teks recount melalui kegiatan yang menarik dan terstruktur. Skor rata-rata meningkat dari 66,1 pada Tes I menjadi 72,1 pada Tes II, dan 82 pada Tes III. Selain itu, persentase siswa yang mendapat skor ≥75 naik dari 13,3% menjadi 93,3%. Data kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa Amplop Misteri secara efektif meningkatkan keterampilan menulis recount dan keterlibatan siswa di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...