JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengawasan/Supervisi dalam Lembaga Pendidikan Agama Buddha

Kalyaniti, Lalita (Unknown)
Pratiwi, Aprilisa (Unknown)
Kabri, Kabri (Unknown)
Nyanasuryanadi, Partono (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Dalam institusi pendidikan agama Buddha, pengawasan dan supervisi merupakan komponen penting yang meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi partisipatif di beberapa lembaga pendidikan agama Buddha untuk melihat praktik pengawasan dan supervisi yang digunakan disana dan untuk mengetahui dampak proses pembelajaran serta pengembangan kompetensi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas pengajaran, memperkuat hubungan antara pengawas dan guru, dan mendorong inovasi dalam pembelajaran. Selain itu, masalah yang dihadapi proses supervisi juga ditemukan seperti halnya kekurangan sumber daya dan kurangnya pelatihan bagi pengawasan. Dengan demikian, pengawasan dan supervisi yang efektif diharapkan dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan agama buddha yang holistik dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...