JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Pelaksanaan Standar Kependidikan dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Amanah Sungai Penuh

Siska, Marinda (Unknown)
Yelliza, Merri (Unknown)
Hadi Jamil, Muznal (Unknown)
Arios, Arios (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan standar penilaian di sekolah dasar Islam terpadu, khususnya dalam konteks kependidikan dan tenaga kependidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar penilaian masih menghadapi berbagai kendala, antara lain kurangnya pelatihan intensif bagi tenaga kependidikan, beban kerja yang tinggi, dan keterbatasan sarana prasarana. Namun, adanya evaluasi dan pengawasan rutin serta motivasi dari kepemimpinan sekolah memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan standar penilaian. Penelitian ini mengusulkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan pengembangan sistem penilaian yang komprehensif sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar Islam terpadu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...