JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Pelaksanaan Standar Pembinaan dan Standar Proses di Sekolah Dasar Islam Terpadu Amanah Sungai Penuh

Budiatmin, Bobpy (Unknown)
Yelliza, Merri (Unknown)
Yenti Mala, Silfia (Unknown)
Ricila, Selma (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan standar pembinaan dan standar proses di Sekolah Dasar Islam Terpadu Amanah, Sungai Penuh. Standar pembinaan difokuskan pada upaya pembentukan karakter Islami melalui program-program keagamaan yang terstruktur, sedangkan standar proses menitikberatkan pada metode pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam secara aktif dan partisipatif. Metode penelitian menggunakan observasi dan analisis kualitatif dengan mengambil data dari lembar observasi serta wawancara dengan guru dan pengelola sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar pembinaan dan proses telah berjalan, namun masih terdapat kendala dalam konsistensi, kualitas pelaksanaan, serta pemanfaatan media pembelajaran Islami yang inovatif. Penelitian memberikan rekomendasi untuk meningkatkan monitoring, pengembangan metode pembelajaran tematik dan berbasis proyek, serta penguatan budaya sekolah Islami agar pelaksanaan standar dapat lebih optimal dan holistik. Temuan ini penting sebagai acuan pengembangan pendidikan Islam terpadu yang efektif dan berkarakter kuat di tingkat dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...