JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

Madani, Ittikhadul (Unknown)
Musrikah, Musrikah (Unknown)
Chotimah, Chusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Pendidikan seni adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau latihan agar menguasai kemampuan berkesenian sesuai dengan peran yang harus dimainkan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan pada pelajaran SBdP yaitu pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang dilakukan melalui tahapan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Kegiatan pembelajaran seperti ini dapat membentuk sikap, keterampilan, pengetahuan peserta didik secara maksimal, sehingga mampu meningkatkan kompetensi peserta didik dalam memahami dan mengapresiasi seni serta mengembangkan keterampilan praktis dalam berkarya seni. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Seni Budaya mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena tahapan-tahapan saintifik mendorong siswa untuk aktif, analitis, dan reflektif dalam proses belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...