Pembelajaran Menggambar Teknik belum mencapai tingkat yang terbaik dan salah satu sebab yang bisa dilihat adalah kurangnya media pembelajaran yang mendorong mahasiswa untuk belajar. Modul yang berbasis digital bisa jadi solusi untuk mendukung cara belajar di masa kini yang serba digital. Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul pembelajaran berbasis digital untuk mata kuliah menggambar teknik di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan: pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Subjek penelitian adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Medan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain media dan isinya dianggap valid berdasarkan kriteria didaktik, konstruksi dan teknis. Selain itu dari segi kualitas isi, metode pengajaran, interaksi dan tampilan modul berbasis digital dinilai sangat praktis menurut umpan balik dari dosen dan mahasiswa. Dalam segi kemudahan,efesiensi waktu serta penggunaan serta dari perspektif waktu, kemudahan dan manfaat menurut respon mahasiswa, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis digital ini praktis dan valid untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
Copyrights © 2025