Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Dunia Pendidikan

Pengaruh Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Momentum dan Impuls

Zizie Ilmiani (Unknown)
Sitompul, Stepanus Sahala (Unknown)
Habellia, Ray Cinthya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest ini bertujuan untuk efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA pada materi momentum dan impuls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara kelompok eksperimen (inkuiri terbimbing) dan kelompok kontrol (pembelajaran tradisional) sebelum penerapan metode pembelajaran. Namun, setelah penerapan, terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar dan minat belajar antara kedua kelompok. Inkuiri terbimbing terbukti meningkatkan minat belajar dan prestasi akademik secara signifikan, dengan ukuran efek Cohen yang tinggi (1,08) untuk minat belajar dan sedang (0,57) untuk prestasi akademik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...