Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik finger painting pada pembelajaran melukis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Negeri 060857 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Model yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060857 Medan tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 23 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh karena jumlah populasi kurang dari 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53,65 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,43. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dan hasilnya diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik finger painting pada pembelajaran melukis berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Negeri 060857 Medan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025