Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran efektif oleh guru pada mata Pelajaran PPKn di SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah pihak sekolah, guru PPKn, Peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti mengunakan tahapan-tahapan analisis data yaitu berupa pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data serta penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran efektif oleh guru pada mata Pelajaran PPKn di SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak, pembukaan dengan salam pembuka, Berdoa, Memeriksa kehadiran peserta didik, tujuan pembelajaran, Penyampaian materi pembelajaran. Peran guru PPKn dalam menciptakan suasana pembelajaran efektif pada mata Pelajaran PPKn di SMA Kristen Abdi wacana Pontianak yaitu, sebagai Fasilitator, sebagai mediator, sebagai demonstrator, sebagai evaluator. Faktor Pendukung pelaksanaan pembelajaran efektif yaitu: Kompetensi Profesional guru, Kompetensi pedagogik, Kompetensi kepribadian, motivasi, dan komitmen mengajar, Kreativitas dan Inovatif. Adapun faktor pengambatnya, proses pelaksanaan pembelajaran yaitu, Sarana dan Prasarana, Perhatian Orang Tua, dan Keadaan Keluarga.
Copyrights © 2025