Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata kuliah Bahasa Indonesia di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Harapan Bima. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini melibatkan 40 mahasiswa semester IV dan VI yang dipilih secara purposif. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara semi-terstruktur yang mengeksplorasi tiga jenis strategi belajar: kognitif, metakognitif, dan sosial-afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (72,5%) menggunakan strategi belajar kognitif seperti Mencatat dan menghafal. Siswa yang menggunakan strategi metakognitif (22,5%) menunjukkan kinerja yang lebih stabil dan konsisten dengan rata-rata nilai 82,5, sementara pengguna strategi kognitif memiliki rata-rata 76,8. Meskipun strategi sosial-afektif hanya digunakan oleh 5% siswa, pendekatan ini menunjukkan rata-rata nilai tertinggi (85,0) dan berpengaruh positif terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menyarankan pentingnya kombinasi strategi belajar kognitif, metakognitif, dan sosial-afektif untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025