Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI VIDEO SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR

Maladina, Vebriana Ayu (Unknown)
Sofiyana, Marinda Sari (Unknown)
Rosyida, Desy Anindia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh perbedaan perlakuan antara pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model discovery learning pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS kelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Eksperimen ini diukur menggunakan pre-test yang diberikan sebelum perlakuan dan post-test yang diberikan setelah perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi video simulasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas IV sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan soal isian, tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran model. Pengujian hipotesis menggunakan uji Ancova dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis Ancova untuk kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa diperoleh nilai sig 0,00 < 0,05. Dengan demikian yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...