Jurnal Asimilasi Pendidikan
Vol. 3 No. 3 (2025): Jurnal Asimilasi Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Aljabar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Active Learning (SAL ) Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kepulauan Manipa

Pelenusa, Irwan (Unknown)
Kasriana, Kasriana (Unknown)
Kasliyanto, Kasliyanto (Unknown)
Ode, Rasid (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Aljabar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Active Learning (SAL). Penelitian dilakukan dalam dua siklus menggunakan pendekatan tindakan kelas. Pada siklus I, dari 26 siswa hanya 9 siswa (34,61%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 17 siswa (65,38%) belum tuntas. Observasi menunjukkan kendala pada proses pembelajaran, termasuk kurangnya bimbingan guru dan keterlibatan siswa. Perbaikan dilakukan pada siklus II dengan meningkatkan bimbingan guru, perhatian merata kepada siswa, pemberian sanksi tegas, dan kesempatan lebih luas bagi siswa untuk aktif. Hasil Tes Akhir pada siklus II menunjukkan peningkatan signifikan, yaitu 21 siswa (80,76%) mencapai KKM dan hanya 5 siswa (19,23%) yang belum tuntas. Rata-rata nilai meningkat dari 59,74% pada siklus I menjadi 80,25% pada siklus II. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan model SAL dalam membangun pemahaman konsep melalui interaksi aktif dan kerja kelompok. Dengan demikian, pembelajaran Kooperatif Tipe SAL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Aljabar siswa. Penelitian dihentikan pada siklus II karena indikator keberhasilan telah tercapai, yaitu lebih dari 75% siswa tuntas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Asimilasi Pendidikan is a peer-reviewed, open access, and online journal about all aspect of Education which is published by LPP Arrosyidin. Jurnal Ilmiah Global Education is published quarterly a year, every January, April, July and ...