Jurnal Jendela Matematika
Vol. 3 No. 02 (2025): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Juli 2025

Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Aljabar Linear Mahasiswa

Rumiati, Lina (Unknown)
Novitasari, Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Salah satu mata kuliah dasar di Program Studi Pendidikan Matematika adalah Aljabar Linear. Mata kuliah Aljabar Linear membutuhkan pemahaman matematis yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Pemahaman matematis merupakan dasar esensial yang digunakan dalam proses berpikir untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh karena itu, dalam pembelajaran aljabar, diperlukan baik pemahaman matematis agar mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan aljabar secara tepat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal Aljabar Linear yang telah diberikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan matematis mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi Aljabar Linear. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pemahaman matematis berdasarkan indikator yang telah ditentukan serta wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman matematis mahasiswa dalam mata kuliah Aljabar Linear, khususnya pada materi determinan matriks, menunjukkan distribusi sebagai berikut 2 mahasiswa memperoleh skor kurang dari atau sama dengan 60, sebanyak 4 mahasiswa memperoleh skor antara 61 hingga 70, sebanyak 10 mahasiswa berada pada rentang skor 71 hingga 80, kemudian 2 mahasiswa memperoleh skor antara 81 hingga 90, dan 1 mahasiswa memperoleh skor di atas 90.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...