Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran RMS mindomo application terhadap kemampuan berpikir kritis dan analitis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment Design dengan rancangan penelitian faktorial 2 × 3. Sampel dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas VIII C, VIII D dan VIII F MTS Al-Hikmah Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi secara acak atau dengan undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian eksperimen Quasy Eksperimental Design yaitu dengan memberi tiga perlakuan berbeda terhadap tiga kelas. Sebelum menguji hipotesis penelitian, uji normalitas dilakukan. Dalam penelitian ini Multivariate Analysis of Variance (Manova) digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis memiliki tingkat signifikansi < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan kemampuan analitis matematis. Hasil pengujian hipotesis diperoleh signifikansi < 0.05 yang menunjukan bahwa terdapat dampak pada kemampuan berpikir kritis dan analitis matematis yang diberikan model RMS minomo application daripada pembelajaran RMS dan pembelajaran ekspositori. Oleh karena itu, terdapat dampak model pembelajaran RMS mindomo application terhadap kemampuan berpikir kritis dan analitis matematis pada peserta didik kelas VIII MTS Al-Hikmah Bandar Lampung.
Copyrights © 2025