Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

P Penerapan Metode Customer Segmentation untuk Penjualan dan Pemesanan Sarung Tenun Berbasis Web

Nama, Apolonia Bulu (Unknown)
Watomakin, Dominikus Boli (Unknown)
Ishak , Martinus Irwanto (Unknown)
Deta, Bernadete (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan web penjualan sarung tenun Adonara berbasis customer segmentation untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penjualan. Berdasarkan wawancara dengan Ibu Maria Atasoge, penenun di Desa Nobo, sarung tenun Tukan Dulang dan Tenapi menjadi produk paling laris dengan pembeli didominasi perempuan usia 18+ (terutama reseller Adonara). Web ini dirancang untuk memfasilitasi penjual dalam mengelola katalog produk, menargetkan promosi berdasarkan segmentasi pelanggan, dan menyediakan informasi yang lebih transparan mengenai stok dan harga. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tiga klaster utama pelanggan: Klaster Premium (Reseller), Klaster Retail Sensitif Harga, dan Klaster Netral. Pengujian validitas menunjukkan seluruh 20 item pernyataan valid, dan pengujian reliabilitas menunjukkan 3 dari 4 indikator reliabel. Pengujian kepuasan pengguna menghasilkan nilai rata-rata 70,99% yang masuk kategori Memuaskan. Dengan demikian, web penjualan sarung tenun Adonara berbasis customer segmentation dapat membantu meningkatkan penjualan dan pemasaran produk.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...