Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 4 Nomor 1 (Juli 2025 -

Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa : Penelitian

M. Akbar (Unknown)
Emmi Azis (Unknown)
Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran course riview horay dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dan diolah merupakah hasil penilaian soal pre-test dan post-test siswa kelas XI F4 SMAN 26 Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi dengan terjun langsung ke lokasi penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran course review horay pada siswa kelas XI F4 di SMA 26 Bone dengan nilai thitung > ttabel atau 27,140 > 1,693 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, Ha diterima. Selain itu, analisis data menunjukkan bahwa semua siswa mengalami peningkatan nilai yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran course review horay dengan rata-rata nilai pre-test sebelum penerapan model adalah 40,94, sementara rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 82,97. Selisih antara rata-rata nilai pre-test dan post-test adalah 42,03 yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...