Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 8 No. 02 (2025): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Article On Progress)

A PARADIGMA TAFAQQUH FIDDIN PERSPEKTIF IMAM SYAFI’I DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TRADISI KEILMUAN PENDIDIKAN ISLAM

Hidayat, Saiful (Unknown)
Tamam, Abas Mansur (Unknown)
Al Kattani, Abdul Hayyie (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Pada era modern, tingkat keberagamaan masyarakat cenderung menurun karena perhatian lebih banyak tertuju pada urusan duniawi. Banyak orang mulai mengabaikan agama sebagai pedoman hidup. Meskipun masih menjalankan ibadah, pemahaman mereka sering terbatas pada aspek ritual semata. Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep tafaqquh fiddin menurut Imam Syafi’i serta pengaruhnya terhadap tradisi keilmuan dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Sumber utama yang digunakan adalah karya-karya Imam Syafi’i seperti Al-Umm dan Ar-Risalah, didukung oleh berbagai artikel relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tafaqquh fiddin mencakup kewajiban mempelajari ilmu agama secara mendalam, menjaga diri dari perbuatan dosa, serta membentuk akhlak yang mulia. Imam Syafi’i juga menekankan pentingnya memilih guru yang memiliki sanad keilmuan yang sah, proses belajar yang serius dan terstruktur, serta mengamalkan dan menyebarkan ilmu berdasarkan dalil yang kuat. Tradisi keilmuan dalam pendidikan Islam tidak hanya menekankan pada isi pelajaran, tetapi juga pada metode yang digunakan dalam proses belajar-mengajar. Pendekatan ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam menghendaki penguasaan ilmu secara menyeluruh—baik secara teoritis maupun praktik—agar nilai-nilai agama benar-benar tertanam dalam kehidupan. Konsep tafaqquh fiddin ini relevan untuk menjawab tantangan rendahnya kesadaran beragama di era modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...