Abstrak: Salah satu penyebab menurunnya produktivitas tambak di Kelurahan Blandongan Kota Pasuruan yaitu penurunan kualitas lingkungan tambak karena tingginya ketergantungan terhadap pakan dan probiotik pabrikan yang mahal serta kurangnya inovasi budidaya ramah lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petambak tentang penggunaan probiotik alami berbahan rempah sebagai alternatif yang lebih murah dan ramah lingkungan. Kegiatan disampaikan dengan metode dialog interaktif dan praktik, diikuti oleh 3 dosen dan 3 mahasiswa Universitas Brawijaya. Sebagai mitra yaitu Kelompok Pembudidaya Ikan Banyu Urip sebanyak 27 peserta dan Dinas Perikanan Kota Pasuruan sebanyak 10 peserta. Evaluasi kegiatan menggunakan kuesioner dengan 6 pertanyaan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa lebih dari 80% peserta belum mengetahui kandungan dan proses pembuatan probiotik alami. Setelah sosialisasi, sebanyak 95% responden menyatakan telah memahami fungsi probiotik, kandungan bahan aktif, serta tahapan pembuatannya. Dengan pendekatan edukatif berbasis dialog interaktif dapat meningkatkan kapasitas petambak dalam mengadopsi teknologi tepat guna dan berkontribusi pada keberlanjutan produktivitas tambak tradisional.Abstract: One of the causes of declining pond productivity in Blandongan Village, Pasuruan City is the decline in the quality of the pond environment due to the high dependence on expensive feed and probiotics and the lack of environmentally friendly cultivation innovations. This activity aims to increase farmers' knowledge about the use of natural probiotics made from spices as a cheaper and environmentally friendly alternative. The activity was delivered using interactive dialog and practical methods, attended by 3 lecturers and 3 students of Universitas Brawijaya. The partners were the Banyu Urip Fish Farmer Group with 27 participants and the Pasuruan City Fisheries Service with 10 participants. The evaluation of the activity used a questionnaire with 6 questions to measure the level of understanding of the participants before and after the activity. The evaluation results showed that more than 80% of the participants did not know the content and process of making natural probiotics. After the socialization, 95% of respondents stated that they understood the function of probiotics, the content of active ingredients, and the stages of making them. This proves that an educative approach based on interactive dialog can increase the capacity of farmers to adopt green technology and contribute to the sustainability of traditional pond ecosystems.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025