Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION)
Vol. 8 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education

Profil Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Peluang Ditinjau dari Jenis Kelamin

Sabila B, Dini Nurul (Unknown)
Pathuddin, Pathuddin (Unknown)
Lefrida, Rita (Unknown)
Alfisyahra, Alfisyahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita peluang di kelas VIII SMP Negeri 3 Tolitoli, ditinjau dari jenis kelamin. Aspek metakognisi yang dianalisis meliputi perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa, satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui tes tertulis soal cerita peluang dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki lebih menonjol dalam aspek perencanaan dan pemantauan, yaitu mampu merencanakan langkah penyelesaian secara sistematis dan melaksanakan prosedur pengerjaan dengan runtut. Sementara itu, siswa perempuan menunjukkan penguasaan pada ketiga aspek metakognisi: perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Siswa perempuan tidak hanya mampu merencanakan dan memantau langkah-langkah penyelesaian, tetapi juga mengecek kembali jawaban yang diperoleh dan menuliskan kesimpulan dengan jelas.Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan metakognisi siswa, dengan memperhatikan perbedaan karakteristik antara siswa laki-laki dan perempuan. Kata kunci: metakognisi, soal cerita peluang, jenis kelamin

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUDIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu pendidikan ...