Yayasan Cita Cendikiawan Al Khwarizmi
Vol. 5 No. 1 (2025): Call for Paper Mei 2025

Penguatan Kewarganegaraan Ekologis melalui Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Siswa di SMP Negeri 1 Dolok Pardamean

Saragih, Krissi Wahyuni (Unknown)
Sariaman Gultom (Unknown)
Imman Yusuf Sitinjak (Unknown)
Aris Suhendar (Unknown)
Netty Marini (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dapat digunakan sebagai media untuk menginternalisasikan nilai-nilai kewarganegaraan ekologis guna meningkatkan kepedulian lingkungan siswa di SMP Negeri 1 Dolok Pardamean. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PPKn, siswa kelas VIII, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengintegrasikan nilai-nilai kewarganegaraan ekologis dalam pembelajaran PPKn melalui pendekatan kontekstual, metode diskusi, dan proyek mini yang mengaitkan materi pelajaran dengan isu lingkungan lokal. Dari hasil angket yang disebarkan kepada 30 siswa, sebanyak 70% menyatakan adanya peningkatan kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan, 60% mulai aktif menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan 50% mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Secara kognitif, afektif, dan psikomotorik, siswa menunjukkan perubahan positif dalam sikap dan perilaku terhadap lingkungan. Temuan ini memperkuat gagasan bahwa pembelajaran PPKn dapat berfungsi sebagai sarana efektif dalam penguatan karakter ekologis siswa. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru dan sarana pembelajaran masih menjadi hambatan. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan kelembagaan dan penguatan kapasitas guru untuk mengoptimalkan integrasi pendidikan lingkungan dalam kurikulum kewarganegaraan.

Copyrights © 2025