Abstrak: Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada guru pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Metode yang digunakan mencakup sesi teori dan praktik yang melibatkan penggunaan berbagai perangkat lunak serta platform pembelajaran digital, seperti Google Classroom, Kahoot, dan Canva. Guru pendidikan ilmu pengetahuan sosial diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi fitur-fitur teknologi yang mendukung pembuatan materi ajar, evaluasi pembelajaran, serta komunikasi dengan siswa secara lebih efektif. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Guru pendidikan ilmu pengetahuan sosial menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan alat digital untuk menyusun materi, mengelola kelas secara daring, serta meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu sosial di SMP Swasta di Kabupaten Lombok Barat serta mendorong inovasi dalam dunia pendidikan berbasis teknologi.Abstract: This training aims to provide understanding and practical skills to social studies education teachers in integrating technology into learning. The methods include theory and practice sessions involving various software and digital learning platforms, such as Google Classroom, Kahoot, and Canva. Social studies education teachers can explore technology features that support the creation of teaching materials, learning evaluation, and communication with students more effectively. The results of this training show an increase in the understanding and skills of social studies education teachers in implementing technology in the learning process. Social studies education teachers become more confident in using digital devices to compile materials, manage classes online, and increase student interaction and involvement in learning. Thus, this training is expected to improve social studies learning quality in private junior high schools in West Lombok Regency and encourage innovation in the world of technology-based education.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025