Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 7.D (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Pendidikan Ekonomi Sebagai Pendukung Pengelolaan Keuangan untuk Generasi Z di Kota Metro

Fitriana, Ana (Unknown)
Hans, M. Hamka (Unknown)
Sakung, Nikki Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Pendidikan ekonomi memiliki peran strategis dalam mendukung literasi keuangan di kalangan Generasi Z, yakni generasi yang lahir di era digital dan memiliki keterikatan kuat dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pendidikan ekonomi terhadap pengembangan perilaku keuangan yang sehat di kalangan Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan observasi pada mahasiswa awal di beberapa STKIP Kumala Lampung Metro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ekonomi memberikan dampak positif terhadap kesadaran dan pemahaman keuangan Generasi Z, terutama dalam aspek perencanaan anggaran, kebiasaan menabung, dan pengelolaan konsumsi. Namun, tantangan muncul dari materi yang masih bersifat teoritis dan kurang terintegrasi dengan teknologi pembelajaran modern. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pengajaran ekonomi yang kontekstual, berbasis teknologi, dan relevan dengan realitas keuangan Generasi Z. Pendidikan ekonomi yang adaptif diyakini mampu menjadi fondasi penting bagi terciptanya generasi muda yang cerdas dan mandiri secara finansial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...