Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka
Vol. 3 No. 4 (2025): Bulan Juli

Pendampingan Guru dalam Mendesain Pembelajaran Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila di Yayasan Pondok Pesantren Babul Ulum

Setyowati, Dessy (Unknown)
Al Farisi, Salman (Unknown)
Afryaningsih, Yunika (Unknown)
Fathonah, Iir Nikhmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila (P3) ke dalam desain pembelajaran secara sistematis dan terukur. Meskipun nilai-nilai luhur di pondok pesantren secara inheren selaras dengan dimensi P3, banyak guru masih kesulitan menerjemahkannya ke dalam perangkat ajar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru di Yayasan Pondok Pesantren Babul Ulum dalam mendesain pembelajaran bermuatan nilai-nilai P3 melalui workshop dan pendampingan kolaboratif. Kegiatan berlangsung selama 1 bulan dengan dua sesi workshop dan tiga kali pendampingan intensif, melibatkan 8 guru MTs. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan, terbukti dari lonjakan skor rata-rata post-test peserta mencapai 75,2% dari skor pre-test sebesar 46%. Guru juga berhasil mengontekstualisasikan dimensi P3 dengan kearifan lokal pesantren, sehingga tidak lagi memandangnya sebagai beban administratif melainkan sebagai penguatan karakter yang sudah ada. Luaran utama dari kegiatan ini adalah dihasilkannya prototipe modul ajar yang otentik dengan nilai-nilai P3 terintegrasi secara utuh dalam alur pembelajaran dan asesmen. Disimpulkan bahwa model pendampingan ini efektif menjembatani visi pendidikan nasional dengan kekhasan pendidikan pesantren untuk mewujudkan implementasi Kurikulum Merdeka yang bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB) published 4 (Four) times a year (February, July, September, November), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural ...