Jurnal Riset Guru Indonesia
Vol 4 No 2 (2025): April 2025 -Juli 2025

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Minat Belajar IPA Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa : Indonesia

Anwar, Ikshan (Unknown)
Nurindah (Unknown)
R , Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar siswa kelas VII F di SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-eksperimental dengan one shot case study. Yang menggunakan perlakuan dan pengukuran terhadap suatu kelas dengan pendekatan kuantitaif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa, dan angket untuk melihat pengaruh kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian ini menujukan terdapat pengaruh antara minat belajar siswa dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran blended learning di kelas VII F SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi diperoleh bahwa nilai Sig ≥ α yaitu 0,528 ≥ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrgi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Riset Guru Indonesia (JRGI) adalah jurnal nasional, akses terbuka, multidisiplin, double-blind peer-review yang diterbitkan secara online tiga kali dalam setahun (Maret, Juli, November). Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang ...