Journal of Early Childhood and Character Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

Inovasi Pembelajaran Coding Hijaiyah dalam Menstimulasi Keterampilan Problem-Solving Anak Usia Dini di Era Modern

Salamah, Ummidlatus (Unknown)
Rofi’ah, Ulya Ainur (Unknown)
Hidayati, Ninik (Unknown)
Lisaniyah, Fashi Hatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi inovasi pembelajaran coding hijaiyah dan dampaknya terhadap keterampilan problem-solving anak usia dini. Penelitian dilakukan di PIAUDQ Nur Fadhilah Jenu, Kabupaten Tuban, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 5–6 tahun pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Fokus penelitian meliputi langkah- langkah penerapan pembelajaran coding hijaiyah, respons anak terhadap metode tersebut, serta kontribusinya terhadap pengembangan keterampilan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran coding hijaiyah diterapkan melalui kegiatan bermain yang interaktif dan terstruktur, menggabungkan pengenalan huruf hijaiyah dengan pola berpikir logis. Anak-anak menunjukkan respons positif berupa antusiasme, keterlibatan aktif, dan peningkatan kemampuan dalam menyusun strategi serta memecahkan masalah sederhana. Pembelajaran ini terbukti mampu menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak, serta relevan dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21 berbasis nilai-nilai Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecce

Publisher

Subject

Religion Arts Neuroscience Social Sciences Other

Description

Focus. The focus is to provide readers with a better understanding of Early Childhood and Character Education through the publication of articles. Scope. This journal publishes a research article and discourses around the subject of early childhood and character education. The subject cover law, ...