Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025

Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Augmented Reality di Kelas IV SD

Herawati (Unknown)
Suntari, Yustia (Unknown)
Usman, Herlina (Unknown)
Yunus, Mahmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam proses pembelajaran di kelas IV sekolah dasar yang masih didominasi oleh penggunaan buku cetak, sehingga siswa kurang tertarik dan mengalami kesulitan memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran yang sesuai bagi siswa kelas IV SD, khususnya media berbasis teknologi seperti augmented reality. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan wali kelas dan beberapa siswa kelas IV, serta penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap media pembelajaran yang bersifat visual dan interaktif, seperti media augmented reality. Siswa menyukai proses belajar yang disertai dengan gambar atau visualisasi karena lebih mudah dipahami dan menyenangkan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality berpotensi besar untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar, khususnya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...